14 Oktober 2011

Instalasi dan cara penggunaan mesin cuci front loading Midea




Sebelum menempatkan mesin cuci, pilih tempat yang dekat sumber air, sumber listrik, tidak lembab dan mempunyai permukaan yang rata.
              

Lepaskan semua packing/kardus.
Lepaskan keempat baut pengaman tabung agar saat dipakai nanti mesin cuci tidak bergetar keras.





Atur posisi dudukan, perbaiki apabila kurang stabil dengan cara mengatur kaki penyangga unit. Pastikan mesin berdiri dengan stabil tidak bergoyang goyang.




Pasang selang inlet pada keran dan pastikan tekanan air dari keran mempunyai tekanan yang cukup keras (dari pompa air atau tandon air atas). Ujung yang lain (yang ada bengkokan) dipasang ke mesin cuci.
Jika koneksi keran menggunakan kuncian baut, maka lepas adapter dari selang, lalu kendorkan kuncian, masukkan ujung adapter ke keran, lalu kencangkan 4 baut kuncian dengan urutan bersilangan, kencangkan baut adapter dan pasang selang air. Buka keran, dan pastikan tidak ada kebocoran pada koneksi selang suplai air.
Saluran pembuangan air utuk mesin cuci front loading di lengkapi dengan pompa listrik berukuran kecil ±34 watt (drain pump). Ujung selang dari pompa drain harus mengarah ke atas terlebih dahulu, lain halnya dengan mesin cuci type twin tub atau top loading yg harus benar - benar lancar mengarah ke bawah (gravitasi).
Jika ujung selang drain di letakan ke wastafel, maka tinggi maksimal wastafel adalah 1m, jika lebih dari 1m
maka kemungkinan drain pump tidak dapat mendorong air keluar, atau mungkin komponen drain pump
akan lebih cepat bermasalah.



Sumber listrik
  • Untuk keamanan pribadi, mesin cuci ini harus di tanahkan. Mesin cuci ini di lengkapi dengan kabel listrik daya 'A' yang memiliki steker ground 'B'.
  • Untuk mengurangi kemungkinan sengatan listrik, kabel harus di masukkan ke dalam Stop kontak dinding yang memiliki ground 'C' Jika stop kontak tersebut tidak tersedia, maka tanggung jawab dan kewajiban secara pribadi dari pelanggan untuk memiliki stop kontak dinding yang di ground kan secara benar, dan dapat di pasangkan oleh orang yang mengerti kelistrikan.
  • Sumber listrik utk unit mesin cuci sebaiknya tidak menjadi satu/di satukan dengan alat listrik lainnya.
  • Hindari pengunaan stop kontak dengan sambungan kabel / extension.


Bagian-bagian pada unit mesin cuci



                        a. Penutup lubang baut packing kuncian tabung di bagian belakang mesin cuci.
                        b. Selang air masuk.
                        c. Support / penopang selang pembuangan air.


Penjelasan mengenai berapa banyak beban pencucian

Garis setinggi ¾ bagian pada pintu kaca unit mesin cuci front loading, adalah batas maksimal beban cucian kain kering pada setiap proses pencucian.  Pengisian beban di atas garis pembatas tidak dianjurkan.






Pastikan benda asing seperti koin, peniti, jarum dll tidak ikut masuk ke mesin cuci bersama pakaian.
Masukkan pakain berukuran kecil ke dalam keranjang kain, agar pakaian tidak tercecer atau kemungkinan terselip ke dalam tabung.




Penggunaan detergent dan softener

Masukan detergent. Dianjurkan utk menggunakan detergent khusus mesin cuci /detergent matic  untuk hasil pencucian maksimal.
Pilih jenis softener yg tidak terlalu kental, atau campurkan softener dgn sedikit air, agar lebih
encer.





                                    A : wadah detergent utk program pencucian tambahan / prewash
                                    B : wadah softener/pelembut
                                    C : wadah detergent utk program pencucian utama / main wash


Fungsi –fungsi pada bagian display



Terdapat 4 pilihan paket pencucian berdasarkan jenis kain yg dapat di pilih dgn memutar switch selector, yaitu :
a) COTTON utk kain katun
    Terdapat pilihan pencucian dengan air dingin (cold) dan air yg dipanaskan 40⁰c,60⁰c,90⁰c.
b) SYNTHETIC utk pakain dari bahan sintetis.
    Terdapat pilihan pencucian dengan air dingin (cold) dan air yg dipanaskan 40⁰c,60⁰c.
c) DELICATE utk pakaian dari bahan kain berserat seperti kain sutera.
    Terdapat pilihan pencucian dengan air yg dipanaskan sampai 30⁰c.
d) WOOL utk pakain dengan bahan kain wool.
    Terdapat pilihan pencucian dengan air dingin (cold) dan air yg dipanaskan 40⁰c.
e) QUICK WASH
    Pencucian cepat selama 33 menit (cuci-bilas-peras) dengan trmperatur air 30⁰c.
f)  Manual Wash
    Proses wash saja, tanpa pemanasan air dan pembuangan air
g) Manual Rinse
    Proses Rinse saja (2x pembilasan) tanpa pemanasan air
h) Manual Drain
    Proses pembuangan air saja
i)  Manual Spin
    Proses pemerasan saja dan pembuangan air.
Setiap paket program pencucian (berdasarkan jenis kain) akan menjalankan proses pencucian,lalu pembilasan dan pemerasan.


Fungsi-fungsi Tombol di panel
  1.  Rotary switch untuk Menyalakan dan mematikan unit mesin cuci.                                          a) Jika rotary switch berada pada posisi “STOP”, berarti unit mesin cuci dalam keadaan mati (OFF) b) Putar rotary switch ke posisi program pencucian yg di kehendaki untuk memilih program pencucian dan menyalakan (ON) unit mesin cuci.
  2. Tombol SPEED                                                                                                                             Berfungsi utk mengatur kecepatan putaran drum pada saat proses pemerasan, bisa di atur sesuai kehendak pemakai terdiri dari 500,700,1000 Rpm dan atau No Spin yaitu tidak terjadi proses spin pada akhir pencucian (0 Rpm).Secara umum standar RPM sebetulnya sudah di Setting dari pabrik utk masing2 jenis kain, seperti satu contoh, yaitu pada program pencucian kain wool tidak dapat menggunakan 1000Rpm.
  3. Tombol Function 2                                                                                                                     BABY CARE, yaitu fungsi tambahan yg berfungsi menjaga kelembutan kain seperti contoh pada pakaian bayi.                                                                                                                              LESS IRON, yaitu fungsi tambahan yg berfungsi agar pakaian tidak terlalu kusut/kaku, pada proses pembilasan terakhir tidak terjadi pembuangan air dan pemerasan.
  4. Tombol Function 1                                                                                                          ECOWASH, adalah fungsi tambahan kedua yg berfungsi menghemat ±20% pemakaian air dan listrik, sehingga proses pencucian pun menjadi lebih cepat.                                                            INTENSIVE, berfungsi utk mencuci pakaian yg di anggap lebih kotor atau pencucian nya harus lebih lama seperti contoh pada pencucian kain jeans.
  5. Tombol Prewash                                                                                                                    Berfungsi utk menambahkan pencucian pendahuluan, jadi sebelum masuk ke proses pencucian utama, sebelum nya terdapat pencucian tambahan, jika fungsi prewash di aktifkan, maka detergent di wadah prewash harus di isi.
  6. Tombol Start/Pause utk Memulai operasi fungsi pencucian unit mesin cuci.                                 Setelah program selesai di setting, untuk memulai proses pencucian pada mesin cuci, cukup dengan menekan tombol start/pause satu kali, dan unit akan mulai berfungsi di awali dengan pembuangan air terlebih dahulu utk menguras bagian tabung, pencegahan masih terjadi sisa air pencucian. Seelah selesai pengurasan, baru lah terjadi pengisian air melewati katup air otomatis masuk ke wadah detergent. 
  7. Lampu Led indikator berfungsi sebagai informasi, mengenai proses pencucian yg sedang berlangsung, Led yg berkedip adalah proses pencucian yg sedang berjalan.

Mencuci untuk pertama kali
  • Setiap unit mesin cuci baru, sebaiknya tidak langsung digunakan untuk mencuci pakaian, karena dikawatirkan terdapat debu-debu dari sisa kegiatan produksi yg dapat mengakibatkan noda pada pakaian.
  • Hubungkan power chord ke stop kontak listrik, sebaiknya sumber listrik untuk mesin cuci tidak menjadi satu dengan alat listrik lainnya.
  • Masukan detergent (type matic) secukupnya, kedalam tempat detergent dan Pastikan pintu sudah dalam kondisi menutup.
  • Test fungsi pengisian air – Putaran pencucian – pembuangan air – putaran spin.
  • Posisikan switch selector ke posisi “Wash” atau “Rinse”, dan lalu tekan tombol “Start/Pause”.
  • Setelah air mencukupi, pastikan motor berputar utk menggerakkan drum mesin cuci.
  • Biarkan unit beroperasi selama ±5 s/d 10 menit, lalu tekan tombol “Start/Pause” dan pindahkan switch selector ke posisi “Spin” lalu tekan “Start/Pause”.
  • Pastikan unit dapat melakukan pembuangan air / drain.
  • Pada saat proses “Spin”, pastikan unit tidak menimbulkan vibrasi dan atau noise yg berlebihan akibat dari penempatan atau kedudukan unit.
  • Setelah selesai, cabut sumber listrik dan matikan sumber air.


Ringkasan
  • Untuk proses cuci normal, putar tombol ke posisi synthetic 'cold' - kemudian 'start'.
  • Angka - angka 30, 40, 60, 90 menunjukkan besar pengaturan suhu, sehingga bila dipilih, pemanas akan dijalankan dan membutuhkan daya yang cukup besar. 

326 komentar:

  1. saya baru beli mesin cuci midea front loading, dibuku petunjuk ada keterangan utk melepaskan baut pengaman tabung bantuan transportasi dibagian belakang mesin, tetapi oleh teknisi yg datang baut tersebut tidak dibuka, apakah mesin cuci saya tidak akan rusak?

    BalasHapus
  2. Baut untuk pengaman tabung di belakang mesin cuci harus dilepas pada saat akan digunakan, karena hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin cuci tersebut. Hal ini bisa saja merusak mesin cuci karena suspensi penyangga tabung tidak bekerja sehingga menimbulkan getaran yang keras. Selain baut yang harus dilepaskan juga styrofoam yang ada di dasar mesin cuci juga harus dilepas.

    BalasHapus
  3. Terimakasih, infonya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  4. apakah ada cara untuk menyambungkan ujung selang (inlet) dengan keran tanpa menggunakan kuncian baut ? soalnya di rumah saya dengan cara tersebut selalu terjadi kebocoran

    tks

    BalasHapus
  5. kalau anda ingin menggunakan selang yang tanpa menggunakan kunci baut, anda harus mengganti selang yang tanpa kunci baut (anda bisa membeli di midea service center terdekat). Tetapi cara penyambungannya dengan menambahkan penyambung selang (dijual di toko bahan bangunan), selang plastik secukupnya serta klem selang.

    Terima kasih

    BalasHapus
  6. Apakah keran air harus selalu dibuka selama mengoperasikan mesin cuci? ataukah keran dapat dinyalakan pada saat mencuci dan dimatikan pada proses rinse dan spin?
    kemudian apakah mesin cuci cepat rusak jikalau mesin cuci menggunakan sumber listrik yang disatukan dengan alat yang lain.
    Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  7. Keran harus dalam posisi terbuka selama pengoperasian mesin cuci. Karena mesin cuci ini sudah dilengkapi keran otomatis yang akan mengatur keluar masuknya air ke dalam mesin cuci. Keran bisa ditutup jika seluruh proses pencucian selesai.
    Untuk sumber listrik, sebaiknya dipisahkan dengan alat lain (jangan menggunakan T) karena dikuatirkan longgar dan bisa menyebabkan steker terbakar.

    BalasHapus
  8. Dalam mencuci jenis bahan cotton, lampu led start/pause berbunyi setelah beberapa menit pencucian apakah itu normal, dan kapan saatnnya detergent dan pewangi di masukan dalam wadah detergent,? kenapa hasil cucian agak berbau, apakah detergent kurang,... ketika mencuci jenis bahan cotton, lama pencucian hampir 3 sampai 4 jam apakah memang demikian,Mesin cuci Tipe MFS70-10302

    BalasHapus
  9. Normalnya, total proses pencucian kurang lebih 90 menit. Bila beberapa menit setelah di start alarm berbunyi, mungkin ada error. Kalau melihat keluhan secara keseluruhan, kemungkinan supplay air masuk terlalu kecil. coba cek tekanan airnya (harus cukup tinggi/dari pompa), atau cek filter di inletnya mungkin tersumbat kotoran. Detergen & pewangi dimasukkan di awal sebelum mencuci. Keterangan lebih lanjut, hubungi service center terdekat.

    BalasHapus
  10. Saya ingin bertanya mas....Istri saya baru beli Mesin Cuci top loading merk "SH..P". Yg jadi masalah didaerah saya PDAM tidak lancar..musti pakai pendorong mesin air ...jadi gimana tuch ? minta solusi memakai Mesin Cuci Top Loading dgn mesin pompa air ? terima kasih

    BalasHapus
  11. Untuk mesin cuci top loading maupun front loading umumnya membutuhkan tekanan yang cukup besar untuk pemasukan airnya. Bapak bisa menggunakan pompa air untuk memberikan tekanan air yang cukup ke mesin cuci ataupun menggunakan tekanan air dari tandon atas ( ketinggian kira2 3 meter atau lebih). Kalau di tempat bapak air mengalir tidak lancar, air bisa ditampung dulu dalam tandon bawah, kemudian dari tandon disedot munggunakan pompa air untuk suplay ke mesin cuci. Terima kasih.

    BalasHapus
  12. saya menggunakan miedea, cara nya gmn settingan biar menggunakan mesin cuci tanpa mengeringkan

    BalasHapus
  13. Untuk type MFSxx sebelum anda tekan tombol start, tekan dulu tombol speed sampai lampu menunjukkan pada 'NO SPIN'. kalau type MG-62, sebelum anda menekan tombol start, tekan dulu tombol less iron.
    Demikian, semoga membantu.

    BalasHapus
  14. Masih bingung pengoperasiannya :
    Saya menggunakan type MFS72-8302
    1.Apakah pada saat pengisian air power mesin harus dinyalakan?
    2.Untuk celana jeans pilihannya yang mana?

    Listrik dirumah kontrakan saya hanya 450Watt...
    Tekanan PDAM tidak keras klo pakai mesin air pastinya listrik kami tidak cukup. Trimakasih...

    BalasHapus
  15. Pada saat bekerja, supply air harus selalu ada ( keran air posisi terbuka). Untuk pilihan celana jeans bisa menggunakan pilihan catton ataupun syntetic pada pilihan pencuciannya, untuk spinnya pakai pilihan RPM yang paling tinggi (800 atau 1000 RPM). Kalau untuk listrik 450 Watt memang pas pasan, tapi bisa diakali menggunakan tandon atas. Jadi pertama air dipompa dulu ke tandon, setelah penuh pompa dimatikan kemudian mesin cuci bisa digunakan menggunakan supply air dari tandon. Terima kasih.

    BalasHapus
  16. bisakah mesin cuci ditaruh didalam kamar mandi? apa bahayanya bila tidak memiliki ground sebab dari meteran hanya ada 2 kabel saja(sebelum dan sesudah meteran/KWH). terimakasih..

    BalasHapus
  17. Sebaiknya mesin cuci atau alat2 listrik apapun tidak dimasukkan ke kamar mandi ( kecuali penerangan tentunya), sebab kamar mandi umumnya lembab dan banyak ceceran dan cipratan air sehingga membahayakan bila terkena alat2 listrik. Mesin cuci, walaupun bodynya sudah terbuat dari plastik, tetap beresiko terhadap hubung singkat ataupun karat pada komponen listriknya seperti motor ataupun timernya. Bila hendak memberikan grounding pada mesin cuci, bisa dipasang antara body motor2nya dengan kabel dan di ujung lainnya ditanam ke tanah ( bisa menggunakan paku atau lebih baik tembaga untuk grounding sedalam 75cm), sehingga bila terjadi hubung singkat di motornya, listrik langsung terbuang ke ground.

    BalasHapus
  18. mohon petunjuknya, saya baru beli mesin tipe MFs70 .. kenapa sulit bukanya ya .. oke menunggu sampai proses berhenti, tapi kalo sudah berhenti pun nkadng pintu tidak mau terbuka ... sebenarnya indikator unutk membuka pintunya yang mana. bahkan tombol star/pause dah saya pencet2 or tbl power sudah saya on off kan tetap tidak mau membuka ... butuh penceraha .. .

    untuk penggunaan tipe baju apakah semua membutuhkan waktu 90 menit, karena tidak ada timernya ... dan apakah sebelom proses berhenti dengan sendirinya .. apakah boleh kita mengeluaarkan baju nya ...

    trimakasih sebelumnya ..
    Agus semarang

    BalasHapus
  19. Pada saat mesin cuci bekerja, pintu otomatis terkunci, dan bisa dibuka kembali kurang lebih 3 menit setelah proses pencucian selesai seluruhnya.
    Untuk program syntetis proses cuci kurang lebih 90 menit, untuk cotton kurang lebih 120 menit, quick kurang lebih 30 menit. Bila ingin proses syntetic lebih cepat, coba pakai no spin, nanti spinnya bisa menggunakan singgle spin. Untuk lebih jelasnya bapak bisa menghubungi CS cabang Semarang di Telp. 024-6705387,70079788.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  20. trima kasih sebelumnya Responnya sangat baik .... saya sudah hubungi bag teknisi dan nanti sore akan datang ke rumah unutk Demo. (saya tanya biayanya berapa, katanya Free).
    Agus semarang

    BalasHapus
  21. sudah 2 bulanan mfs72-8302 ada dirumah tp sudah mulai muncul mirip suara 'ngorok' normalkah?adakah cara lain cleaning drum?tegangan rumah tyt kurang saat dicoba feature drum clean,tks

    BalasHapus
  22. Untuk memastikannya bisa langsung hubungi service center terdekat agar bisa dipastikan rusak atau tidak. untuk membersihkan drum, mungkin bisa dicoba dengan program pencucian tanpa beban dan sabun. Terima kasih, semoga membantu.

    BalasHapus
  23. Mesin Cuci Midea Front Loading...
    hari ini nyuci, kok keluar busa sabun dari tempat sabunnya ya?
    jadu serem, takut rusak,

    BalasHapus
  24. Ibu Karlina, ibu sudah menggunakan detergent matic ( detergent kusus mesin cuci)? karena kalau pakai detergent biasa pasti busanya berlimpah. Sedangkan untuk mesin cuci front loading harus menggunakan detergent dengan busa yang tidak terlalu banyak, karena mesin cuci front loading cenderung vaccum saat mesin cuci bekerja. Maka ketika menggunakan detergent cuci biasa, busa melimpah kemana mana sampai ke tempat detergent. Atau mungkin juga sudah menggunakan detergent matic tetapi takarannya terlalu banyak. Coba dikurangi sedikit.

    BalasHapus
  25. Saya menggunakan Mesin Cuci Front Loading Samsung
    Dirumah baru yang sekarang Toren terlalu rendah hanya 1.5 meter jadi tekanan air sangat kurang untuk membuka kran otomatis di mesin cuci,,Kalau mau saya akali dengan memasang pompa sumur dangkal otomatis sebelum selang Inlet Bisa tidak ya?
    Namun pemasangan pompa akan diambil langsung dari saluran PAM/Saluran dari toren kira - kira pengaruh ke pompa nya tidak?

    BalasHapus
  26. Agar tekanan kuat memang dibutuhkan pompa air bila air dari tandon atau toren kurang memadai. Untuk pemasangan pompa bisa dari saluran toren atau PDAM ( bila hal ini tidak dilarang). Saya fikir, hal ini tidak berpengaruh pada pompanya. Terima kasih

    BalasHapus
  27. untuk ukuran kapasistas itu dihitung dalam keadaan kering atau plus air di dalam tabung nya yah ? terus apakah ada unit uji coba sebelum membeli mesin cuci ini ? lokasi di semarang....
    sekalian ada program trade in kah ? thx u

    BalasHapus
  28. Untuk kapasitas mesin cuci dihitung dalam keadaan kering, akan tetapi biasanya pabrik mempunyai standard tersendiri untuk jenis dan ukuran kainnya dalam menentukan kapasitas pencucian mesin cuci karena spesifikasi untuk kain berbeda beda. Untuk cabang semarang bisa dilihat di tab service center di atas untuk melihat no telepon dan pic nya. Terima kasih.

    BalasHapus
  29. berapa ya daya listrik mesin cuci midea mfs72? tegangan rumah saya 900 watt.

    BalasHapus
  30. mesin cuci saya kok bunyi seperti besi yang bergesekan yaa? padahal masih baru. ini pemakaian pertama. itu kenapa? mohon penjelannya. terimakasih.

    BalasHapus
  31. Daya listrik mesin cuci Midea MFS72 normalnya sekitar 350 Watt (cuci air dingin / cold), akan tetapi kalau tombol temperatur di posisi 40,60 atau 90 derajad listrik yang dibutuhkan sekitar 2000 watt.

    Untuk masalah bunyi seperti gesekan besi, perlu dilihat lebih detil lagi karena perlu diperiksa bunyinya dari mana. Untuk itu silahkan hubungi teknisi service center dari merek bersangkutan agar bisa dilakukan pemeriksaan.

    BalasHapus
  32. Saya punya mesin cuci jenis front loading kapasitas 7kg?,apakah detergen cair merk Rin** bisa digunakan untuk jenis mesin cuci ini?


    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detergen cair bisa dipakai asalkan menggunakan yang type matic sehingga busa tidak terlalu banyak yang bisa menyebabkan gangguan pada mesin cuci anda.

      Hapus
  33. Saya menggunakan MFS72-8302. Baru tadi pagi mesin ini agag error dan saya tdk berani untuk menggunakanya. pada saat saya akan melakukan penyetingan pada jenis kain, speed, dan temp, lampu indikasi sebagai pemilihan tidak berfungsi tetapi masih menyala. tapi yang tombol speed lampu sebagai indikasinya mati (hanya jenis kain dan temp yang nyala). padahal sudah saya putar2 (untuk jenis kain, tetapi tidak jalan. tetap di posisi catton) dan sudah saya pencet2 (untuk tombol temp. tapi juga tidak mau berubah. masih tetap berada diposisi 40C) kira kira kenapa ya mas? padahal kemarin-marin tidak apa apa. mohon penjelasanya. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dimatikan dulu powernya dengan menekan tombol power, kemudian lepas kabel power beberapa saat. Putar tombol pemilihan jenis cucian ke kiri beberapa kali kemudian kembalikan ke posisi semula. Nyalakan kembali mesin cucinya. Bila masih terjadi error bisa menghubungi service center terdekat. Terima kasih

      Hapus
  34. Balasan
    1. saya berniat beli mesin cuci samsung Frontoad WF-8692NFV di spesifikasi tertulis 1,02 (kwh/tahun) dengan daya listrik di rumah yang cuma 900, apakah memungkinkan mesin cuci tersebut saya gunakan dirumah, kalau tidak adakah alternatif mesin cuci frontload yang lain yang cocok untuk daya listrik rumah saya, terimaksih..

      Maaf terhapus. 1,02 KWh artinya mesin cuci ini menyerap daya 1000 Watt sejamnya artinya tidak sampai 20Watt / menitnya ? saya agak bingung dengan pernyataan ini. Tetapi rata - rata pemakaian mesin cuci front loading berkisar antara 300 - 400 watt apabila pemanas air tidak diaktifkan. Jadi untuk daya listrik 900 watt seharusnya mencukupi. Untuk masalah yang agak membingungkan tadi, coba ditanyakan kembali ke tokonya. Terima kasih.

      Hapus
  35. saya mau tanya..apakah sehabis mencuci keran air harus di tutup? atau dibiarkan dalam keadaan terbuka tidak apa apa?
    kan mesin cuci nya sudah ada keran otomatis nya?
    saya selalu membiarkan keran air dalam keadaan terbuka..apakah itu dapat merusak mesin cuci nya??
    mohon penjelasan nya.. Terima Kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehabis mencuci sebaiknya keran ditutup untuk safety, karena siapa tahu ada binatang semacam tikus yang akan makan selangnya sehingga berakibat kebocoran air, atau ada kendornya baut sehingga selang bisa nyeplos lepas dari keran. Kalau untuk kerusakan mesin cuci kemungkinannya kecil. terima kasih.

      Hapus
    2. rencananya kami mw beli mesin cuci, tapi ktnx hrs pakai air PAM sdngkan di lingkungan rmh blm ada yg pakai PAM,gmn solusinya? bsa g' pakai mesin air?

      Hapus
    3. Boleh saja pakai air sumur asal kualitasnya bagus karena biasanya
      kualitas air sumur kadar garam atau besinya tinggi sehingga membuat hasil cucian kurang bersih bahkan bisa kecoklatan di cucian.

      Hapus
  36. sangat lengkap info nya, tp mesin cuci ku satu tabung yang buka'an atas. lha setelah mencuci, air nya koq gak bisa buang sendiri ya?? gimana caranya ya??? mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  37. Coba dicek drain valvenya, bisa narik tidak saat program spin dijalankan. Kalau bisa kemungkinan buntu di drain valvenya. Untuk jelasnya coba dilihat di halaman berikut:

    http://elektro-tehnik.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Pak, untuk mesin cuci front loading midea memang jumlah airnya sedikit sekali ya? Mungkin kira2 cuma +/- 1 literan kalau saya lihat dengan keadaan tanpa cucian, apa wajar?

    Apalagi kalau cuciannya sedang banyak, kok airnya tidak terlihat sama sekali.
    Apakah bisa atau ada settingan untuk jumlah air yang masuk ke mesin cuci?

    Mohon penjelasannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mesin cuci front loading midea airnya memang sedikit (bisa dilihat saat cucian kosong) kurang lebih sejajar dengan batas bawah tabung, akan tetapi hal itu normal, dan itu dapat digunakan untuk beban maksimum (batas maksimum cucian setinggi garis yang ada pada kaca pintu mesin cuci). Pada saat beban maksimum terlihat cucian hanya kelihatan basah saja karena system pencuciannya memang tidak merendam dengan air, tetapi dengan system dibanting searah gravitasi, hal ini berbeda dengan system pencucian menggunakan mesin cuci top loading (pintu atas) yang dalam proses pencucian harus terendam air secara keseluruhan.
      Tapi jangan kuatir, yang pasti hal ini sudah difikirkan masak2 oleh pabrik pembuatnya. Saran saya, agar cucian bersih dan mesin tahan lama, selalu gunakan detergent matic, jangan sekali2 menggunakan detergent biasa untuk type mesin cuci front loading karena busa yang berlimpah justru akan merusak mesin dan daya cuci tidak maksimal.
      Untuk merubah setting bisa saja dilakukan, tetapi hal ini diluar spesifikasi pabrik yang berakibat gugurnya masa garansi. Demikian, semoga membantu.
      Terima kasih

      Hapus
  39. saya berencana membeli mesin cuci midea Front Loading / MFS70-1030.. yang saya mau tanyakan pada saat spin.. mesin cuci ini bising gak ya? mohon pencerahannya.. trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kebisingan saat spin, menurut saya tidak bising pak, normal saja.

      Hapus
  40. saya baru saja membeli midea type MFS 80 - S1202,sekitar 2 minggu Pada saat di instalasi oleh teknisi midea ,mesin hidup ,dan bekerja dgn baik ,tp setelah penggunaan pencucian unk keesokan harinya , mesin jadi tidak bs di hidupkan lagi, padahal tidak ada masalah dgn kelistrikan, apa saya bs mendapat kan penggantian mesin yg baru atau hanya service saja? padahal kecewa sekali rasanya ,baru beli tp sudah rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kasus2 seperti itu biasanya dicek dulu untuk diketahui permasalahannya. Kemungkinan ada kabel yang putus (biasanya digigit tikus). Misalnya kabel putus dimakan tikus, seharusnya tidak masuk dalam perlindungan garansi karena hal ini tidak termasuk dari kesalahan proses produksi dan seharusnya konsumen membayar biaya perbaikannya.

      Hapus
  41. Justru karena kami pakai detergent matic/cair tidak ada busa berlimpah/air terlihat waktu cucian banyak. Perasaan kami di front loading merk lain airnya lebih banyak dari midea.


    Mohon dijelaskan/digambarkan cara merubah setting jumlah air pada Midea Front Loading Pak.
    Terima kasih atas jawaban sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk setting jumlah air memang di mesin cuci midea sangat ekonomis, akan tetapi hal ini sudah sesuai untuk proses pencucian dengan beban maksimum ( sejajar dengan garis horisontal di pintu kaca mesin cuci). Kalau dibandingkan dengan merek lain mumgkin beda, karena masing2 mempunyai alasan tersendiri saat pembuatannya. Untuk setting air sebenarnya bisa dilakukan sedikit adjustmen, akan tetapi hal ini bisa menggugurkan syarat garansi, karena akan sangat berpengaruh pada umur mesin cuci.
      Demikian, semoga membantu.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Untuk membuka mesin cuci yg terkunci otomatis bagaimana ya caranya?

    Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin akan membuka sendiri setelah program selesai dikerjakan. Atau apabila power dimatikan, setelah 2-3 menit baru bisa dibuka kembali.

      Hapus
  44. Sudah sebulan saya menggunakan mesin cuci Midea MFS-80 S1.... sejauh ini saya puas dengan kinerjanya. ada sedikit masalah yang saya alami. ketika mesin sudah saya start ternyata ada beberapa potong baju yang ketinggalan. bagaimana cara membuka pintunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matikan tombol power, tunggu kurang lebih 2-3 menit,buka pintu, masukkan baju yang ketinggalan, tutup pintu, tekan tombol power. Gitu saja.

      Hapus
  45. mesin cuci saya bunyi bip terus yah pas sudah selesai mencucinya,saya tungguin 10 menit masih bunyi terus ,saya pengguna midea front loading.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau sudah selesai akan ada bunyi beep. Kemudian matikan tombol power, karena kalau tidak dimatikan, akan ada bunyi beep lagi beberapa menit kemudian.

      Hapus
  46. Saya menggunakan mesin cuci LG front loading, mengapa setiap selesai mencuci selalu ada sisa air ditempat menyimpan pewangi, bahkan pernah sisa airnya memenuhi tempat pewangi. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sisa air mungkin terjadi karena tekanan air yang masuk ke mesin cuci kurang sehingga ada kesalahan pemberian air di kotak detergen. Karena biasanya kalau tekanan air kurang (kecil), air akan memancar di bagian softener. dan karena sedikit, maka akan menyisakan air di kotak tersebut. Coba cek tekanan air dari keran dan dilter di tempat masuknya air.

      Hapus
  47. saya baru membeli mesin cuci type WD-M8070TD.. yang ingin saya tanyakan :

    1.Untuk ukuran 7kg.. kira-kira berapa potong pakaian dengan jenis bahan katun?
    2.apakah boleh mencuci dengan menggabungkan bebrapa jenis bahan pakain. misal bahan jeans dengan katun atau yang lain. (kalau tidak boleh dampaknya apa)?
    3.kalu ingin mencuci dengan air dingin tombol diarahkan kemana?
    4.kemudia apabila telah diarahkan, apakah pakaian secara otomatis melalui tahap pemerasan atau pembilasan dan pembuangan air?

    Mohon pencerahannya !!!

    Terima kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, banyak sekali pertanyaannya he..he..he

      1. Untuk berapa potong pakaianya biasanya bervariasi tergantung ukuran bajunya juga. Untuk mudahnya biasanya ada tanda maksimal jumlah cucian di pintu kacanya ( berupa lengkungan kaca yg membentuk garis horizontal). Garis itu tdk boleh dilampaui agar hasil cucian maksimal.
      2. Boleh saja. Tapi hasilnya tidak maksimal. Karena masing2 bahan perlakuannya berbeda, misal bahan jeans boleh dengan putaran lebih keras dan putaran spin lebih cepat sedang untuk baham katun yg tipis putaran tidak boleh terlalu cepat untuk mencegah agar tidak robek.
      3.Untuk tepatnya saya kurang tahu persis, tetapi coba cari tombol untuk setting temperatur (Temp). Arahkan ke posisi cold.
      4. Pasti, asal anda tidak keliru di putar ke posisi singgle spin atau singgle wash. Tepatnya anda baca buku panduannya atau call customer service agar dibantu cara pemakaiannya.

      Hapus
  48. Buku panduan pemakaian saya terselip entah ke mana, bisa tolong kasi tau, gimana cara drum clean nya ya...saya lupa apakah pakai deterjen ato tidak?
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah pakai detergent maupun cucian (kosong saja), cukup air saja (kran dibuka penuh), akan tetapi perlu disiapkan listriknya karena proses drum clean membutuhkan pemanasan air yang menyerap daya kurang lebih 2000Watt.

      Hapus
  49. aku mau tanya....
    kenapa mesin cuci saya bising atau berisik banget saat spin?
    terimakasih untuk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau type front loading seperti ini, berisik biasanya disebabkan oleh bearing yang sudah aus. Untuk mengatasinya harus diganti baru bearingnya.

      Hapus
  50. Profesional bgt punya blog. Sukses gan.

    BalasHapus
  51. Saya pakai mesin cuci midea frontloading, yg saya mw tanyakan kemarin setelah selesai melakukan cucian saya mw mematikan mesin cuci dengan menekan tombol power masalah nya saya salah pencet, saya tekan tombol start pada saat keadaan tabung kosong. Untuj membatalkannya bagaimana yaa..??

    Saya sudah coba matikan power dan cabut kabel tapi masih tidak bisa..

    Mohon bantuannya...
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agung, perlu diketahui bahwa mesin cuci anda dilengkapi dengan fiur auto restart yang artinya akan melanjutkan proses yang belum selesai apabila listrik padam. Maka wajar jika terjadi kasus seperti di atas mesin cuci akan melanjutkan proses sebelumnya walaupun setelah dicabut kabel powernya. Untuk mereset ulang,pertama nyalakan mesin cuci (dengan menancapkan kabel power ke listrik dan tekan tombol power),kemudian tekan tombol pause terlebih dahulu kemudian putar 'dial' pemilih jenis cucian ke kanan atau ke kiri. kemudian arahkan ke jenis pencucian yang diinginkan selanjutnya bisa dilanjutkan ke proses pencucian atau dimatikan.
      Demikian, semoga membantu.

      Hapus
  52. saya baru saja membeli mesin cuci midea MFS 80 s1202..waktu mencucinya misal menggunakan quick wash 15 menit, tetapi sy coba menggunakan cotton sekitas1,5jam belum juga selesai.. kira2 menggunakan apa modul yg tepat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba gunakan program syntetic, waktunya kurang lebih 1,5 jam. Kalau cotton memang sekitar 2 jam an, tergantung kuat tidaknya tekanan air.

      Hapus
  53. Sebelumnya salam kenal dari saya, drain pump mesin cuci saya berputar tapi air tetep tidak mau keluar, tapi begitu slang pembuangan saya turunkan air bisa mengalir tapi bukan karena dorongan drain pump (karena grafitasi), saya sudah cek tidak ada kebocoran disekitar drain pump, kira-kira penyebabnya apa ya Pak ? o ya Pak Mesin cuci saya merk Lux tapi saya lupa tipenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas. Coba dicek pipa dari tabung yang menuju drain pump, kemungkinan tersumbat. Lepaskan sambungan drain pump dengan pipa dari drum. Pastikan tidak ada yang menyumbat aliran air dari drum. Seringkali pipa ini tersumbat oleh koin yang diameternya cukup besar seperti pecahan 500 rupiah yang dari bahan tembaga. Demikian semoga membantu.

      Hapus
  54. Saya memakai mesin cuci midea front loding tipe ms,,, tiap kali mau spin gerakannya terlalu kencang sampai mesin cuci berpindah tempat, bagaimana ya solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek, baut penyangga tabung yang ada di belakang apakah sudah dilepas ? Kalau belum maka harus dilepaskan (4 buah).

      Hapus
  55. salam kenal.,saya pernah membeli 2 buah mesin cuci front loading merk LG yg kapasitas 10kg wrna hitam dan 6kg warna putih. dari awal pemakaian.,setiap mencuci pasti ada pakaian ya robek. kain yang keras seperti celana jeans bisa juga robek. sampai sekarang saya takut memakain mesin tersebut karena akan menyebabkan kerugian untuk mengganti pakaian orang yang rusak. mohon pencerahannya..,apa penyebab sebenarnya? kenapa semakin mahal mesin cuci dibeli.,semakin tidak memuaskan hasilnya. sampai2 sudah 2 kali teknisi LG datang ke rumah saya.,diya malah tidak tau kenapa. tolong dibantu informasinya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf terselip emailnya mbak.:) Untuk masalah kain robek ada beberapa faktor penyebabnya. Menurut pengalaman saya selama ini hal ini disebabkan oleh umur kain dan kecepatan putaran mesin terutama saat pemerasan (spin). Coba gunakan putaran spin yang tidak terlalu tinggi untuk mencegah terjadinya robek pada pakaian. Semoga membantu.

      Hapus
  56. Saya memakai mesin cuci LG front door. Selama pakai selama 11 bulan tidak ada masalah. Tau2nya kmrn wkt dipakai cuci baju n sprei tiba2 error. Hari ini sudah panggil teknisinya dan dibagian komputernya diganti tapi begitu dipake nyuci mesinnya error lagi. Padahal spreinya sudah saya keluarkan. Kira2 apa penyebabnya?

    BalasHapus
  57. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan error pada panel control. 1.Door sw yang rusak atau pintu yang kurang rapat. 2. Drain pump macet (bisa tersumbat kotoran sehingga tidak bisa berputar hingga tidak bisa membuang air). 3.Sumber air yang tidak masuk ke mesin cuci karena inlet yang kotor atau macet. 4. Sensor ketinggian air (pressure sw) rusak). 5.Motor macet.
    Coba diperiksa bagian2 itu. semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terakhir coba dicek tegangan listrik, kemungkinan dibawah 200V sehingga mesin cuci tidak bisa bekerja normal.

      Hapus
  58. luar biasa inför blognya ms jadi tertarik beli mesin cuci front loading ini.
    mantapp

    BalasHapus
  59. Mau bertanya untuk mesin cuci midea front loading, Mengapa harus ditegakan dulu ke atas untuk selang pembuangan/drain nya mas??bila langsung di hadapkan ke bawah/langsung diletakan apa pengaruhnya? terimakasih :),untuk baut pengaman yang dibelakang apa harus dicabut mas?karena pada kondisi spin mesij cuci bergetar apalagi di speed 800 rpm. Terimakasih

    BalasHapus
  60. Untuk masalah pipa pembuangan, setiap mesin cuci type front loading memang harus dinaikkan dulu agar air bisa tertampung saat proses pencucian, hal ini disebabkan oleh disain pembuangan untuk type front loading menggunakan pompa (bukan menggunakan kelep/valve). Sehingga bila pipa pembuangan langsung diturunkan, maka ketika air masuk, akan langsung keluar di pembuangan. Untuk beberapa type front loading, pipa pembuangan sudah keluar dari sisi atas unit, sehingga kita tidak perlu menaikkan lagi.
    Baut pengaman di belakang memang harus dilepas saat mesin siap digunakan. Hal ini dimaksudkan agar tabung bisa bebas bergerak dengan ditopang oleh peralatan peredam getaran. Baut - baut yang ada pada mesin cuci baru dimaksudkan sebagai pasak tabung agar tabung tetap pada tempatnya pada saat pengiriman, sehingga mencegah terjadinya penyok pada body mesin cuci. Kalau tidak dilepas dan langsung digunakan mencuci, pada saat pengeringan mesin akan berguncang keras, bahkan bisa merobohkan mesin cuci. Terima kasih. :)

    BalasHapus
  61. mau tanya, saya menggunakan SPIN untuk membilas tapi hasilnya msh blm kering dan msh terasa panas bajunya, kira2 sekitar 60% kekeringnya.. itu gimana?? bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya SPIN untuk memeras ya? kalau hanya di spin seharusnya cucian tidak terasa panas kecuali saat mencuci menggunakan air panas (pemanas mode "ON"). Kalau masih kurang kering, bisa diatur tombol spinnya ke kecepatan yang lebih tinggi agar didapat hasil yang lebih kering. Kalau mesin cucinya delengkapi fungsi DRYING, maka baju terasa masih panas tetapi hasilnya 100% kering (tidak usah dijemur lagi).

      Hapus
  62. hai mas,
    blognya informatif sekali.

    btw, dari sisi pemakaian listrik lebih irit mana antara front-load dengan top-load?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Untuk pemakaian listrik relatif sama bila front loading diset pada pencucian menggunakan air dingin (cold).

      Hapus
  63. mau tanya, saya bingung cara menggunakannya..
    midea front loading. kasih tau caranya yaa.

    BalasHapus
  64. Yang type berapa? Untuk yang type MG62 sudah saya jelaskan di atas. Untuk type yang lainnya coba deh hubungi ke service center terdekat, pasti dibantu. Terima kasih.

    BalasHapus
  65. mau tanya, untuk mesin cuci midea tipe mf, baru beberapa menit dinyalakan, tapi muncul bunyi bep-bep, proses mencucinya berhenti. itu karena apa ya?selain itu untuk deterjen lebih baik dimasukan setelah dihidupkan atau sebelum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru beberapa menit dinyalakan kemudian bunyi beep, coba diperiksa pintunya (biasanya kurang rapat), coba lebih ditekan pintunya. Kalau sudah ditekan tapi masih beep juga kemungkinan ada kesalahan pada door swnya. Coba hubungi service center terdekat.

      Hapus
    2. Tambahan, untuk detergent harus selalu gunakan yang matic (tanpa busa). Kalau bentuknya detergent bubuk, boleh dimasukkan pada awal pencucian. Kalau bentuknya cair, masukkan setelah air mulai masuk ke mesin cuci. Karena type MF ini pada fase pertama membuang air dahulu baru kemudian air masuk untuk proses mencuci.

      Hapus
  66. hai, mau tanya untuk mesin cuci front loading time mf 8320 kalo lagi dipakai sekitar 15 menit muncul bunyi bep-bep yang terus mesin cuci gak mau bekerja lagi, itu udah selesai atau belum ya? sebabnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah berjalan kira2 15 menit kemudian terjadi beep itu ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Pertama, coba periksa pasokan airnya, mulai dari keran, tekanan airnya atau filter inletnya buntu (letak filter ini di mesin cuci, akan terlihat setelah selang inlet yang nancap ke mesin cuci dilepas). Cabut filter menggunakan tang, lalu bersihkan dan kembalikan ke tempat semula. Kemungkinan kedua, drain motor macet sehingga air cucian tidak bisa kebuang yang menyebabkan error di mesin cuci. Coba periksa drain motornya, letaknya di depan sebelah kanan bawah. Akan terlihat setelah penutup bagian bawah dilepas. Biasanya kemasukan koin atau benda lain sehingga air tersumbat. kemungkinan lain adalah karena penurunan tegangan listrik dibawah 200V. Semoga membantu.

      Hapus
  67. halo mas, sy ari dr klungkung bali.
    mau nanya dikit neh, 4 bulan lalu sy baru beli mesin cuci lg fron load tipe wd-m8070td. Awal2 nya semua lancar2 aja ga ada masalah, sampe akhir bulan januari krmn timbul mslh air di wadah ditergen gak lancar keluarnya baik di wadah pencucian utama ataupun di wadah di prewash nya, akibatnya ditergen ga larut semua. Sy sempet nanya2 ke t4 cervice dkt rumah katanya cb di cek filter air kerannya sp tau kotor, stlh sy cek eh bener ada lumut jd air cm dikit masuknya. Pada saat itu dh clear masalahnya, eh tiba2 3 hari yang lalu timbul masalah lagi air di wadah detergennya ga lancar keluarnya tp cm di bagian wadah pencucian utamanya di bagian prewash lancar n deras. Sy udh cek di filter selang ke mesin cuci ga ada lumut atau kotoran mas. Gmn solusinya mas? selama nyuci sy sll pake dtergen kusus fronload. Mohon jalan keluarnya, makasi

    BalasHapus
  68. proses pencucian front loader memang lebih lama ya dibanding twin tube???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, paling cepat 30 menit dengan program quick (cuci-bilas-peras).

      Hapus
  69. apa yg perlu dilakukan / pengecekan,jika pewangi /softener tidak berjalan/berfungsi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek tekanan air yang masuk ke inlet atau filter di inletnya mungkin kotor. Tekanan yang masuk ke mesin cuci harus cukup tinggi agar air bisa masuk ke kotak pewangi. Kalau tekanan terlalu lemah, air hanya bisa masuk ke kotak detergent saja. semoga membantu.

      Hapus
  70. 1.apakah mesin cuci front loading suplay air dari kran air harus deras, klo suplai air cuma dari tempat penampungan air biasa,apakah bisa?
    2.di mesin cuci samsung ada fitur digital inverter motor itu apa,sama kah dg direct drive motor yg ada di mesin cuci lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Iya tekanan air harus cukup besar. Penampungan air bisa dipakai asal posisinya tinggi (kurang lebih 3 meter) atau bisa gunakan pompa air otomatis.
      2. Dua-duanya menggunakan sistim inverter pada motornya. Bedanya kalau direct drive, motornya tersambung langsung dengan as drum tanpa menggunakan v-belt. kalau yang bukan direct drive, tetap menggunakan motor inverter tetapi penghubung dari motor ke drum masih menggunakan v-belt.

      Hapus
  71. 1.di mesin cuci samsung ada fitur digital inverter motor itu apa,sama kah dg direct drive motor yg ada di mesin cuci lg?
    2. apakah mesin cuci front loading suplay air dari kran air harus deras, klo suplai air cuma dari tempat penampungan air biasa,apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Inverter motor dan direct drive itu beda di penerapannya. Keduanya sama-sama menggunakan sistim inverter tetapi untuk inverter motor, penyambungan ke drumnya masih menggunakan v-belt, sedangkan direct drive, drumnya tersambung langsung ke motornya tanpa menggunakan v-belt.

      2.Untuk mesin cuci front loading, suplay air harus cukup deras, bisa dari pompa air langsung ataupun penampungan air yang mempunyai ketinggian cukup ( kurang lebih 3 meter).

      Hapus
  72. Mas mau tny tegangan listik d daerah saya tdk smp 200v hny 190.. Apa msh bs pk front loading? D rumah sdh pk stabilizer 3000 u daya 1300 w.. Tp ttp tdk smp 200v... Trimakasih

    BalasHapus
  73. Pak saya mau tanya, caranya gmna buka pintu mesin cuci saya kan terkunci tp di dlm mesin cuci tdk ada cucian sama sekali, soalnya kmrn itu kebetulan wkt mesin cuci keadaan kosong di tekan tombolnya jd hidup, stlh itu mesin cuci akhrnya terkunci, mnta penjelasannya ya pk, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah dimatikan, tunggu sekitar 2 menit. Kemudian dorong sedikit pitunya lalu tarik.

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  75. salam kenal pak...mesin front loading saya saat cuci balancing dulu lalu isi air biasanya sesuda itu mencuci tapi tiba tiba mesin pompa (drain) menyala membuang air diiringi dengan led indicator kedip menyala semua. permasalahan hal seperti itu dari apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mas Dody. Kemungkinan beban yang anda masukkan terlalu besar (lebih banyak daripada spesifikasi yang diijinkan. Coba dikurangi. Karena ada beberapa merk yang menggunakan sensor yang digunakan untuk mendeteksi beban cucian. apabila terlalu banyak maka akan keluar tanda error.

      Hapus
  76. Pak, mesin cuci LG saya ketika di start hanya muter 3-4 kali setelah itu bunyi beep terus menerus kenapa yah.

    BalasHapus
  77. Untuk yg type turbo drum selama pencucian pintu harus tertutup, bila pintu sdh tertutup tapi masih bunyi beep seprti itu kemungkinan magnet yang ada di pintu lepas atau hilang. Coba dicek magnetnya masih di tempat atau tidak. posisinya di pintu bagian tengah ujung dekat dengan displaynya. kalau hilang bisa diganti dengan magnet biasa kemudian direkatkan di posisi magnet yang hilang. atau bisa jadi kabel pressure sw nya putus (biasanya digigit tikus), cb dicek juga.

    BalasHapus
  78. BOS mesin cuci electrolux saat spin bergetar hebat sampai pindah posisi.itu apanya yang rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesinnya masih baru atau sudah lama? kalau masih baru biasanya karena baut pengikat drum belum dilepas. Coba lihat di bagian belakang mesin cuci ada 4 buah baut ukuran kira2 13mm, kemudian lepaskan keempat baut tersebut. setelah itu bisa langsung digunakan.

      Hapus
  79. Bapak yth, saya mau tanya, saat ini saya menggunakan mesin cuci front loading LG, ketika saya mau mencuci tiba2 powernya mati padahal malam sebelumnya baru saja saya pakai,..sebelum mati seperti ada bunyi ledakan kecil dimesin..itu korslet atau ada kabelnya digigit tikus ya pak...maaf sebelumnya...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memastikannya harus dicek dulu ibu, bisa digigit tikus, korslet atau ada komponen yang terbakar. Untuk lebih jelasnya ibu bisa segera hubungi customer LG terdekat. Terima kasih.

      Hapus
  80. Saya baru menggunakan mesin cuci midea front loading, pada saat menggunakan fitur cotton intensive, spin 800 rpm, suhu cold, mesin cuci bergetar hebat sampai berpindah posisi dan tempat deterjen terbuka sendiri, karena khawatir kabel steker tertarik, saya matikan tombol power dan lepaskan kabel steker (kondisi 4 baut belakang sudah terbuka, namun penyangga baut yang berwarna hitam dan putih masih terpasang). Sebelumnya saya sudah mencoba fitur underwear dan quick, mesin cuci bergetar, tapi tidak keras dan tidak sampai menyebabkan perpindahan posisi mesin (kondisi baut belakang masih terpasang). Karena goncangan yang terjadi, baut penyangga yang berwarna hitam dan putih tersebut lepas dengan sendirinya (awalnya susah dilepaskan), tetapi saya belum berani mngoperasikan kembali mesin cuci tersebut karena apabila dihidupkan kembali fitur yang digunakan otomatis menggunakan fitur cotton intensive (auto restart). Pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah pada fitur tersebut mesin cuci memang NORMAL bergetar seperti itu? Jika tidak, kemungkinan kesalahan/kerusakan apa yang terjadi?
    2. Bagaimana caranya, me-reset mode fitur mesin yang auto restart tersebut? Saya mencoba mengganti spin, tetapi tidak bisa, apakah harus di pause terlebih dahulu dan kemudian di ganti settingan mesin cucinya?
    3. Untuk sistem pipa pembuangan apakah harus dinaikkan dahulu (saya baca buku petunjukkan min dinaikkan 60 cm)? Tetapi yang terinstalasi di rumah saya, tanpa ada kenaikan, namun mesin cuci tetap bisa beroperasi dengan baik pada mode underwear dan quick?
    4. Untuk takaran deterjen dan pewangi apakah mesin cuci tidak bisa menyetting sendiri berapa takaran yang ditentukan (saya terkadang bingung berapa takaran untuk deterjen dan pewangi yang harus digunakan agar pakaian dan mesin cuci lebih awet)?
    Terima kasih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Harusnya mesin tidak bergetar seperti itu, kemungkinan penyangga baut dan dan karetnya masih terhubung ke drumnya. Coba lepas sama sekali, kalau tidak bisa laporkan ke customer service agar bisa dibantu (gratis).
      2. iya dipause dulu kemudian tombol dial diputar ke kanan atau ke kiri kemudian diputar ke posisi yang diinginkan.
      3. coba lihat, kalau pipa keluarnya dari sisi atas maka pipa tidak perlu dinaikkan, bila keluarnya dari sisi bawah, maka perlu dinaikkan.
      4.tidak, mesin tidak menakar sendiri. detergen yang dimasukkan adalah untuk penggunaan sekali cuci. untuk ukuran tepatnya bisa dibaca di box detergent dan pewanginya.
      Terima kasih. :)

      Hapus
  81. Saya pengguna mesin cuci samsung top loading 1 tabung kap 8.5kg. Untuk membersihkan tabung mesin cuci pakai sabun apa ya? agar tidak merusak mesin cuci.

    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk membersihkan tabung mesin cuci top loading biasanya harus di bongkar tabungnya, kemudian disemprot menggunakan air bertekanan tinggi. Atau bisa menggunakan cairan kimia tertentu ( bisa ditanyakan ke toko bahan kimia).

      Hapus
  82. Blog. Yg bagus nih..... sy pakai sa**un* frontloading 8650 . Tapi blm sy pergunakan. Apakah ketinggian toren 2 meter, masih bisa mendukung, dlm manual book hrs aliran listrik dgn pemutus 15A... sementara terpasang 10A. Bisakah mesin dgunakan mohon pencerahan, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami menyarankan 3 meter, tetapi 2 meter sy fikir masih bisa walaupun tekanan kurang kencang. Kalau dipasang pemutus 10A masih bisa digunakan asal heater untuk pemanas air ataupun untuk dryer (kalau ada)tidak dinyalakan

      Hapus
  83. bapak Yth, saya pemakai mesin cuci midea front loader type MFS72-8302, pagi ini mesin dipakai mencuci spt biasa, setelah selesai proses, bel tanda selesai proses berbunyi, tapi kenapa pintu mesin cuci tdk bs dibuka ya pak.. mesin sdh di off kan, dan stecker listrik sdh dicabut, tapi tetap saja pintu mesin cuci tdk bisa dibuka.. kira2 apa masalahnya? dan apakah bapak ada solusinya? terimakasih sebelumnya..

    dan blog ini sangat2 membantu dan bermanfaat.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya pak. Pintu yang macet bisa disebabkan pada saat mesin bekerja, pintu dicoba dibuka (lupa membuka pada saat mesin masih bekerja). Bila hal ini terjadi maka coba tekan kembali pintunya seperti saat kita menutup, lalu tarik handel keluar (membuka). Bila masih macet mungkin ada komponen pintunya yang bermasalah bisa doorlock atau handlenya rusak. Bila hal ini terjadi maka sebaiknya menghubungi service center terdekat.

      Hapus
    2. dear pak bayuaji,saya pengguna mesin cuci LG frontloading,permasalahan mesin saya saat ini air tidak mau masuk/ke mesin,padahal sudah saya cek tekanannya cukup besar,kabel inlet dan saringannya sdh sy bersihkan juga tp tetep saja air ga mau masuk dan mesin ga mau muter.sebelumnya sempet m normal kembali setelah saya matikan beberapa menit,akan tetapi setelah selesai proses pencucian dan akan kita gunakan kembali,airnya ga mau masuk ke mesin dan mesin macet lagi.menurut bapak permasalahannya kenapa ya pak.terimakasih

      Hapus
    3. coba pastikan lagi tekanan airnya pak, kalau dari tandon atas biasanya ketinggian tandon terhadap mesin cuci sekitar 3 meter, kalau kurang biasanya juga bermasalah. atau kalau dari pompa air, biasanya tekanan sudah mencukupi. coba buka pipa inlet yang menancap ke mesin cuci, buka kran airnya, air harus memancar dengan keras. coba periksa lagi dan bersihkan saringan inletnya. kalau semua sudah diperiksa dan normal, coba mesin dijalankan. coba pegang inletnya, rasakan ada getaran atau tidak. Kalau tidak ada getaran artinya ada kabel inlet yang putus atau modul controlnya error. demikian semoga membantu.

      Hapus
    4. Jangan lupa buka kran air dan jalankan pompa airnya pada saat mesin cuci dijalankan :) (kali aja lupa he..he..he..)

      Hapus
  84. bapak Yth,saya menggunakan mesin cuci LG turbodrum,knapa waktu saat pengisian air pompa air saya start stop dlam waktu yg singkat,stelah saya cek tidak ada kebocoran pada selang!kira2 1-2 detikan pompa air buka tutup,ni permasalahan gmn pak?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Rapzr, pompa air nati hidup dalam waktu yang relatif pendek disebabkan oleh setelan tekanan pompa air yang terlalu rendah.Letak pengatur tekanan air ini ada di pemutus listrik otomatis pompa air. Pertama2 buka tutup otomatis pompanya. Kemudian nyalakan mesin cuci dan pompa air. Pada saat air masuk ke mesin cuci, putar pengatur tekanan pompa air lebih tinggi (putar ke arah tanda + ) sampai pompa tidak mati2 lagi.Biarkan beberapa saat sampai mesin menutup aliran air dan pompa mati secara otomatis. Hati2 saat melakukan pengaturan ini agar tidak tersengat arus listrik. (Awas bahaya tegangan tinggi !!)

      Hapus
  85. Bagaimana program/caranya menambah bilasan pak ! karena saya rasa bilasannya kurang mantap padahal toren saya sudah 3m dari tanah tingginya jadi menurut saya tekanan airnya sudah cukup !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menambah jumlah air bilasan sepengetahuan saya tidak bisa mas, kecuali dilakukan penyetelan (adjusment) pada pressure switchnya (detektor tinggi air).

      Hapus
  86. Saya menggunakan MFS 72-8302 Sejak awal pembelian saya sudah merasa terganggu oleh suara spin yg seperti suara pesawat terbang. Sehingga saya tidak bisa melakukan pencucian dimalam hari. Adakah solusi yg bapak berikan. Agar proses spin suaranya tidak sekeras ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak, coba dilaporkan ke service center terdekat, agar bisa diperiksa seberapa keras suaranya, normal atau tidak. Terima kasih.

      Hapus
  87. Maaf gan, mau tanya...
    Saya punya mesin samsung wf1854wp, msh baru...ketika saya gunakan program dailywash (normal waktu 55mnt) sudah saya play bbrp menit berjalan tp stlah 5 menit, muncul kode 4e dlayar LED, yg mengindikasikan air tdk masuk, pdhal kran dlm posisi terbuka...lalu say pause n play lg, stlah bbrp menit terjadi lg seperti awal.....knp seperti itu, mohon pencerahannya.....terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raden Mas Slamet, kalau memperhatikan keluhan anda, hal ini biasanya terjadi karena tekanan air yang mensuplai mesin cuci kurang tinggi, sehingga air tdk bisa masuk ke mesin cuci. Sebagai acuan, coba suplai airnya dar pompa air listrik atau dari tandon atas yang ketinggiannya minimal 3 meter dari posisi mesin cuci. Atau coba periksa saringa di inletnya (di selang masuk air), mungkin tersumbat kotoran yang harus dibersihkan. Terima kasih.

      Hapus
  88. Salam kenal....
    Saya pengguna LG WD8070 Frontloading, sudah 1 minggu ini aliran air saat mencuci tidak mengalir/ gagal cuci, akan tetapi bila mode di pindah ke pembilasan saja, lancar... terima kasih atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan panel controlnya rusak, cb hubungi service center terdekat.trmksh

      Hapus
  89. mesin cuci saya electroluk tepy em 8555 programnya tidak berfungsi gimana cara mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba hubungi service center terdekat. Terima kasih

      Hapus
  90. pak mau nanya,klo fronloading washing sm spin gak mau muter tuh kira2 yg rusak apanya ya pak,trus klo frontloading di manual airnya dr tempat ditergen bisa gak ya,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek airnya, air bisa masuk apa tidak. kedua cek drainnya, saat di program ke spin, air bisa keluar? kalau jawabannya tidak pertama cek filter dan tekanan airnya, kedua cek drain pumpnya kotor atau tidak, berputar atau tidak. kalau semua normal kemungkinan yang rusak adalah pressure sw ( alat pengukur ketinggian air ). atau bisa juga door swnya bermasalah atau pintu kurang rapat. untuk front loading, air bisa dimasukkan ke tempat detergent asal tahu kapan saat masuknya, kapan berhentinya karena harusnya semua berjalan dengan otomatis.

      Hapus
  91. sy pakai mesin cuci front load, pencucian dgn temperatur panas jarang sy pakai (kira2 terakhir 6bln yg lalu), sekarang sy xoba kok tidak bisa. apa mslahnya pak ya?

    BalasHapus
  92. Selamat malam pak Bayu,

    Saya menggunakan mesin cuci Midea MFS72-8302 front loading, belum ada setahun saya beli. Selama ini tidak ada masalah dengan pemakaian mesin cuci. Namun tadi sore, ketika saya mencuci dengan mode quick, kemudian saya lanjutkan ke spin, tiba-tiba mesin mengeluarkan suara peringatan beberapa kali dan mesin berhenti beroperasi. Lampu di bagian temperature dan spin berkedip-kedip dan bersuara. Lampu di bagian start/pause juga berkedip dan pintu tidak bisa dibuka. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Siti, coba cek di bagian motor drainnya bu, caranya buka penutup bawah dengan cara ditarik ke depan. setelah itu akan terlihat di bagian kanan bawah ada tutup berbentuk lingkaran. Coba buka dengan cara memutar ke arah yg berlawanan jarum jam (hati2, setelah tutup terbuka biasanya akan keluar air dari tabung mesin cuci. periksa apakah ada sesuatu yang menyebabkan drain motor tdk bekerja (biasanya ada koin atau pengikat rambut yang melilit ke baling2 drain motor). Dalam posisi terbuka, coba lakukan proses spin dan lihat baling2 drain motornya berputar atau tidak. Kalau berputar artinya sdh normal. Kalau masih ngadat, coba hubungi service center terdekat. Terima kasih

      Hapus
  93. Mas bayu,

    Thanks untuk informasinya.
    Saya mempunyai mesin front loading merk modena. Permasalahannya setiap mengeringkan selalu terjadi guncangan hebat.

    Bila saran dari blog mas dengan release baut pengencang belakang, apakah dari segi keamanan tidak bermasalah ?

    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin msein cucinya masih baru ya mas apri? karena kalau masih baru, baut transportasinya memang masih ada. Dan bila mesin hendak digunakan, baut itu memang harus dilepas agar shock breaker dan pernya berfungsi normal. Karena tujuan dipasang baut itu adalah untuk pengaman body saat transportasi agar tabung tidak membentur body yang bisa menyebabkan penyok.

      Hapus
  94. Selamat siang pak bayu,.....
    Saya menggunakan mesin cuci front loading modena tipe WF670 udh dipakai kurang lebih 8 bln, tp baru hari ini selagi proses pecucian di timernya sudah angka 5 tapi kemudian balik lg ke angka 6 harusnya kan angka 4 pak, mohon pencerahannya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek inletnya mas, mungkin filternya kotor sehingga air lambat masuk yang menyebabkan timer error atau pompa pembuangannya bermasalah, coba buka tutup pompa pembuangannya, lihat apakah tidak ada kotoran di sana? kalau semua sdh dicek tetapi masih bermasalah seperti itu, bisa langsung hubungi service center terdekat.

      Hapus
  95. selamat siang pak bayu..
    mesin cuci saya midea tipe MFS80-S1202..
    saat proses spin terjadi getaran hebat sampai berpindah tempat mesin cucinya.apa penyebabnya? baut transportasi sudah dilepas semua.
    apakah bisa karena terlalu banyak cucian yg dimasukkan (saya baru tahu kalau ada batas maksimum garis horisontal pada kaca penutup)
    terima kasih sebalumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih baru ya mesin cucinya? Styrofoam yang ada di bagian bawah mesin cuci apakah juga sudah di lepas? Seringkali styrofoam tdk dilepas karena sayang, padahal akan menyebabkan getaran juga karena styrofoam menopang motor yang bergetar.

      Hapus
  96. trimakasih atas artikelnya,
    pertanyaan2 visitor juga langsung direspon.

    sy juga ada masalah dgn mesin cuci electrolux front loading.
    belinya baru setahun, minggu lalu kerangan air rusak jadi mesin cuci tidak dipakai selama seminggu. setelah dipakai, mesin cuci sering error.
    1.sering pause sendiri di tengah operasi, harus tekan tombol start lagi.
    2.tidak mau menguras air sampai habis ketika selesai mencuci (air masih tersisa dalam tabung
    3.air keluar dari bawah mesin ccuci (ini sudah lama tp sy biarkan, g tau apa penyebab dan bgmn mengatasinya)
    mohon jawabannya pak.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan no 1 dan 2 saling berkaitan, kemungkinan switchnya lembab atau ada masalah di controlernya. Untuk no 3 coba periksa dari bagian bawah pak, kemungkinan ada pipa yang belum terpasang sempurna atau bahkan bocor. Bisa juga dari pemasangan pipa inlet di keran yang kurang rapat yang menyebabkan air keluar dan mengalir ke bawah mesin cuci.

      Hapus
  97. tambahan pak,
    saya curiga ada yang menyumbat pompa drainnya.
    di atas dikatakan "Coba dicek pipa dari tabung yang menuju drain pump, kemungkinan tersumbat"
    bagaimana cara dan dimana tempatnya pak?
    mohon penjelasannya, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miringkan atau tidurkan mesin cuci dengan pintu menghadap ke atas. Kalau kita lihat dari bagian bawahnya akan kelihatan pipa penghubung dari drum ke drain motor. Nah di situ ada pengikat pipa karetnya, kendorkan dengan cara menjepit klemnya, kemudian lepas pipa karet yang menuju ke drain pump. Coba periksa bagian dalam pipa karet.

      Hapus
    2. Trimakasih banyak atas solusinya.
      Minal Aidin Wal Faidzin.

      Hapus
  98. salam kenal mas saya pake modea mfs70-10302 dari awal mesin cuci ini ko suplai airnya sedikit ya kira2 airnya terlihat di bawah drumnya apakah normal? saya sdh cek tekanan air dari keran kencang, dengan cara ujung keran yg masuk ke msin cuci saya lepas terlihat daya seprot air deras, tapi ko air yag masuk mesin sedikit ya? cuma di bwah drum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas. Untuk setting air mesin cuci midea memang airnya sedikit waktu nyuci (di bawah drum). Untuk sekali cuci kebutuhan air totalkurang lebih 40 liter saja (irit air). Tapi jangan kuatir,hasilnya tetap bersih, bahkan beberapa org berkomentar lebih bersih dari merk terkenal. Waktu bilas, airnya sedikit lebih banyak. Jadi itu normal mas. Terima kasih

      Hapus
  99. selamat pagi mas bayu saya penguna midea mfs70-10302.mau tanya knp ya untuk pewangi dan sabun tidak mau turun ke mesin.jadi ketika selesai mencuci pawangi msh blm terpakai.itu penyebabya apa yah?mohon pencerahanya..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Rafi, coba dicek tekanan airnya normal apa nggak? atau waktu air masuk ke box detergent coba diintip, ngucurnya deras apa nggak. Kotak pewangi tidak kena kucuran air biasanya disebabkan tekanan air yang kurang. Coba dicek juga filter yang ada di inlet valvenya (di ujung selang masuk air), biasanya kotor. coba bersihkan.

      Hapus
  100. salam kenal Mas,
    klo mesin cuci satu tabung tutup atas, ngasih pewanginya gimana ya, apa disatukan dengan deterjen, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sudah ada tempat kusus mas di pinggir tabung. Atau bisa juga dimasukkan pada saat bilasan terakhir.

      Hapus
  101. Selamat malam, saya menggunakan yg mesin cuci sharp front loading, mau nanya mas, kalo listrik padam gitu. Apa tombol programnya dibiarin bgtu aja atau di off? Kira2 apa yang harus dilakukan apabila listeik tiba2 padam..mohon bantuannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau listrik padam sebaiknya power dilepas. Setelah listrik menyala, power bisa dihubungkan lagi. Biasanya ada memorynya, jadi langsung start saja untuk melanjutkan proses.

      Hapus
  102. selamat siang mas bayu saya penguna midea mat75-p310g. saya mohon info nya kenapa ya pada waktu diopersionalkan tiba - tiba waktu belum habis berhenti trus air gak bisa keluar , mohon penjelasan nya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan saluran pembuangan tersumbat oleh benda, bisa coin atau yang lainnya sehingga air tidak bisa keluar dan menyebabkan error.

      Hapus
  103. Selamat Pagi Mas,

    Saya memiliki mesin cuci Front Loading Electrolux type ew879f sudah cukup lama. Sampai saat ini saya menggunakan pasokan air dingin untuk mencuci. Dan karena kebetulan dirumah saya menggunakan pemanas air Solahart. Seandainya saya menggunakan pasokan air untuk mencuci langsung dari keran dengan air panas dari water heater tersebut, dapat kah itu di mungkinkan. Apakah akan berpengaruh dengan kinerja mesin?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya jangan digunakan air panas dari luar mesin cuci, karena inlet valve yang ada tidak didisain untuk air panas, sehingga kuatir kalau inlet valvenya rusak.

      Hapus
  104. mohon bantuannya,,mesin cuci saya samsung 1 tabung ,bukaan atas.ada masalah airnya mengalir keluar terus dari saluran pembuangan ketika mesin sedang mengisi air..kemungkinan memang ada yg menyumbat(koin) sehingga penutupnya terhalang.bisa lebih di rinci bagaimana cara membuka bagian mana pada saluran pembuangan yg kemungkinan ada koinnya itu.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang terhalang koin atau kawat (biasanya) adalah drain valvenya. posisinya ada di bawah tabung. Buka penutup belakang, coba jalankan proses spin, akan terlihat motor drain menarik valvenya. nah di situ posisi valvenya, coba diperiksa.

      Hapus
  105. Halo Mas Bayu.
    Saya pakai Midea MFS72, terakhir2 ini mesin tdk bekerja optimal. Putarannya spt berat/lambat. Sudah disetting: cotton, 800rpm, tp tdk selesai mengeringkan spt biasanya. Itu knp ya? Trimakasih, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek saluran pembuangannya mas, mungkin motornnya tersumbat koin atau benda lainya sehingga tidak bekerja normal.

      Hapus
  106. salam kenal mas bayu,,,saya mau belimesin cuci SHARP ES-FL860 yang mau saya tanyakan berapa watt tegangannya dan apakah kuat jika listrik hanya 900watt,,trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuat, asal pemanas ataupun dryer kalau ada, tidak diaktifkan.

      Hapus
  107. Salam Kenal, Saya Pengguna Midea Front Loading MFS72-8302. bagaimana caranya melanjutkan proses mencuci yang terhenti karena air masukan yang bermasalah.??? (air masukan sekarang sudah fix). masa harus mengulang (mencuci) dari awal..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu mengulang dari awal mas, tekan tombol start lagi...

      Hapus
  108. salam kenal pak,,saya baru pakai mesin cuci front loading LG WD-M1070D6, yang ingin saya tanyakan saat selang suplai air di hubungkan ke keran ,dan ketika keran nya di buka ,mengapa air tidak langsung keluar (tidak terlihat air memenuhi gelas kaca yang ada di ujung selang),akan tetapi jika gelas kacanya saya kendorkan dulu sampai ada air bocor keluar (bleeding),kemudian di kencangkan kembali,baru akan terlihat air memenuhi gelas kaca nya, apakah memang harus seperti ini prosesnya atau bagaimana ya ?.demikian dan trimakasih. Rohman Berau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hal itu memang normal, karena pada saat mesin cuci belum mengaktifkan inlet valvenya, walaupun air dari keran telah dibuka, air tetap tidak bisa masuk ke tabung.

      Hapus
  109. mas ajimau tanya..mesin cuci samsung front loading tidak bisa mengeluarka air waktu spin (spin berputar normal) ..bagaimana solusinya? tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek drain pumpnya mas, posisi di bawah. Biasanya tersumbat koin atapun kain, sehingga tidak bisa bekerja denga baik.

      Hapus
  110. pak saya mawu nanya mesin cuci LG 1 pintu saya kemaren muncul kode PE kemudian hari ini sudah tdk muncu lagi kode tsb,, proses mencuci sudah bisa dilakukan tetapi pas mwu mencuci di setel pada air yng paling tinggi kok aerx ga seperti biasanya,, langsung aja dya ngucek sendiri kemudian sampai disitu saja,, tdk mwu mesinnya melakukan aktivitas berikutnya.. rinsenya nanti harus di program dulu baru bisa jalan,, tetapi yang spin nya yang tdk mwu jalan sama sekali biarpun langsung di mode spiin turbo,,, mohon penjelasannya pak.. thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. PE menunjukkan ada masalah di pressure swnya, kemungkinan saluran ke pressure swnya buntu atau pressure swnya sendiri yang rusak atau kabelnya digigit tikus.

      Hapus
  111. saya punya mesin cuci samsung WD-M8070TD setelah di play kok tidak mau jalan maksih atas jawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. (jawaban becanda) he..he..he listriknya udh ditancepin belum.......
      (Serius)...coba cek tekanan airnya cukup besar atau tidak? minimal dari tandon atas (ketinggian kurang lebih 3 meter) atau langsung dari pompa air.

      Hapus
  112. Siang mas, sy baru beli mesin cuci 1 tabung merk sh***p, baru 2 kali pake air dari kran tidak bisa masuk lancar ke tabung (hanya sedikit) jd kalo nyuci harus di tambah air dari luar sehingga efeknya mesin cuci tidak bisa untuk membilas hanya mencuci dan mengering saja, itu kenapa ya mas..mohon solusinya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek filter air di inlet valvenya (letaknya di ujung selang air masuk), biasanya tertutup pasir atau lumut. Coba dibersihkan. Prediksi terburuk adalah kabel inlet valve putus karena digigit tikus.

      Hapus
  113. Salam kenal, mesin cuci saya electrolux model lama tidak ada problem tetapi apakah perlu dilakukan drump clean ?
    Maksudnya drump clean itu apa ?Bagaimana caranya ? Apakah stel air panas sampai 90 derajat ?
    Mohon pencerahannya.

    Banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. drum clean perlu dilakukan untuk menghilangkan kerak2 yang menempel pada tabung mesin cuci. Hal ini bisa dilakukan 2 minggu atau 1 bulan sekali agar drum tetap bersih. Maksud drum clean adalah membersihkan drum (tabung mesin cuci). Biasanya menggunakan air yang dipanaskan sampai 90 derajat dan diputar dalam tabung untuk merontokkan kerak2. Biasanya drumcleanotomatis di set pada suhu 90 derajat. Anda tinggal pilih proses drum clean lalu start. Jangan diisi detergent ataupun cucian, cukup air krannya saja dibuka.

      Hapus
  114. Saya rencana beli mesin cuci front loading ecobuble samsung , tetapi saya bingung krn banyak yg bilang samsung masih pakai belt jd berisik dan cepet rusak .. benarkah demikian ? Krn saya rencana mau nyucinya malam jd lebih baik pilih samsung ato LG dengan spesikasi yg sama ? Belum pernah punyaproduk LG sebelumnya. Mohon pencerahannya , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibandingkan yang menggunakan belt biasa dengan yang direct drive memang beda di tingkat kebisingannya, yang tanpa belt lebih halus suaranya. Tapi biasanya tidak terlalu berisik juga. Anda bisa bandingkan juga harganya, karena biasanya yang direct drive lebih mahal karena menggunakan system inverter. Tetapi ada juga mesin cuci yang menggunakan system inverter tapi tetap menggunakan belt dan suaranya juga halus. Yang perlu difikirkan juga adalah after salesnya. Karena kalau ada kerusakan, bagaimana pelayanannya.

      Hapus
  115. Salam kenal mas, saya menggunakan mesin cuci midea mfs70-10302, sudah hampir 2 tahun. Namun, mulai beberapa hari lalu, setelah melakukan pencucian, airnya tidak mau keluar, sehingga untuk ke proses selanjutnya pun tidak bisa. Saya coba mematikan mesin dan membukanya beberapa menit kemudian, ternyata air menggenang di dalam. Supaya tidak menggenang, saya buka saluran air pembuangan dibawah kanan, airpun keluar. Proses selanjutnya pun bisa berfungsi. Namun, tetap air tidak mau keluar secara otomatis. Jadi harus kembali membuka saluran air pembuangan. Penyebabnya apa ya? apakah ada solusinya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebabnya adalah drain motornya. Posisinya ya di tempat anda membuang air itu. coba buka dan jalankan spin, baling2 yang ada di dalamnya berputar atau tidak? kalau tidak berputar coba dicek barangkali ada yang menghalangi berputarnya baling2 ataupun motornya sendiri rusak. Atau kalau baing2 berputar normal mungkin saluran yang ke drain pumpnya tersumbat.

      Hapus
  116. Selamat pagi pak..mesin cuci saya Midea front load MFS70-10302. Air yg menuju detergen di kotak I tidak mau keluar sedangkan yg di kotak detergen II tetap keluar lancar. Kira2 kenapa ya pak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diperiksa filter di inletnya bu, (letaknya di ujung selang masuknya air). coba buka selang yang menancap ke mesin cuci. nah bisa dilihat filternya kotor atau tidak. kalau kotor coba dibersihkan. Atau kalau filternya bersih kemungkinan tekanan airnya yang lemah.

      Hapus
  117. mohon bantuannya ya pak,,mesin cuci saya merk sharp top loading kapasitas 6,5kg,,belum selesai pencucian sdh terdengar bunyi alarm,dan air dalam mesin cuci masih tersisa sehingga pakaian tidak kering,,,bagaimana memperbaikinya?apa tandon air yg kurang dari 3m bermasalah?trimakasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errornya pada saat air masuk apa keluar bu? kalau pada saat air masuk trus air yang masuk kecil, kemungkinan dari ketinggian tandon yang kurang tinggi ataupun filter di masuknya air tersumbat kotoran. Kalau errornya pada saat keluarnya air, sehingga air masih tersisa, artinya ada yang menyumbat di saluran pembuangannya. Biasanya di bagian drain valvenya tersumbat kotoran (biasanya koin).

      Hapus
  118. pagi pak,saya mau numpang nanya.hehe
    saya punya mesin cuci top loading yg tombol start/pause nya ga berfungsi.Tapi tombol yg lain seperti power,water level dll masih berfungsi.itu kira2 kenapa ya pak?utk perbaikannya bs diakalin di bagian tombol yg rusak aja atau hrs ganti total modulnya pak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan hanya rusak tombolnya saja atau jalur yang ke tombol tersebut putus. Dipastikan saja dengan mengukur tombol tersebut. Jika bagus artinya ada jalur yang terputus. Kalau rusak ya diganti saja tombolnya.

      Hapus
  119. Pak saya ingin bertanya seputar mesin cuci front loading
    1.Apa benar kita memasukkan sabun terlebih dahulu sebelum mesin di nyalakan ?
    2.Sabun Dan Softener tidak boleh di masukkan bersamaan ? dan kapan tepat nya softener di masukkan ?
    3.Apa boleh kita menambahkan sabun saat mesin sudah berjalan/bekerja ?
    Sekian Terimah Kasih

    BalasHapus
  120. sy punya mesin cuci midea front loading, tapi untuk proses pengeringan kok tidak sempurna ya? apakah itu cuma pemeras saja, bukan pengering.. ? ataukah settingannya sy kurang faham, mohon pencerahan pak? tq

    BalasHapus