09 Desember 2011

Menghindari Kabel Dari Gigitan Tikus

Pernahkah anda mengalami hal yang pernah saya alami ini ? saya pernah....he..he..he apaan?

Iya saya pernah mengalami hal yang menjengkelkan ini. Suatu hari saya punya motor baru, dan karena telah saya gunakan untuk berkeliling apalagi kena air hujan, maka kotorlah motor itu. Malam harinya, karena sudah tidak dipakai, motor dicuci agar besok pagi bisa dipakai dalam kondisi bersih. Pagi - pagi motor hendak dipanasi, tapi distart bolak - balik tidak bisa.....weleh2..saya pikir pasti kena air nih, waktu kemarin dicuci. Walhasil saya bongkarlah motor itu. Saya cari2 di busi, coil, sampai ke aki....baik2 saja....akhirnya sampai bongkar hampir keseluruhan cover motor karena tidak tahu posisi CDI di mana. Setelah ketemu ternyata CDI juga aman2 saja. Terakhir tinggal cover depan yg belum dibuka, yah mungkin di daerah kunci kontak. Setelah terbuka...e...e...ternyata
perbuatan siti....(sitikus maksud saya....jangan marah ya sit..he.he..he). Kabel yang ke relay untuk nyalain CDI ternyata putus. Pantes saja sulit sekali ketika distarter tadi...Kesel juga karena sampai bongkarin semua.
Nah...temen2 pasti punya pengalaman seperti itu juga kan? seru kan? hi..hi..hi...entah peralatan elektronik, motor, mobil dll..pasti habis deh kalau kena yang satu ini.
Lha terus caranya gimana ? he..he..he...sabar....ternyata caranya sederhana bin gampang bin mungkin tidak terfikirkan....apa itu ?  Ambil obat anti nyamuk oles yang biasanya bentuknya lotion. mereknya Autan atau Sofell atau yang ada merk apa boleh. Setelah itu oleskan ke seluruh permukaan kabel yang hendak dilindungi dari tikus. Tidak usah terlalu tebal, asal udah kena saja. Begitu saja tipsnya...gampang dan tidak terfikirkan kan ? he..he..he   Ini pengalaman dari orang, waktu saya hendak perbaiki kulkas yang kabelnya digigit tikus. Habis kabel saya sambung, oleh yang punya langsung diolesin obat nyamuk itu...hasilnya, sampai sekarang tidak pernah komplain dan alhamdulillah motor saya sampai sekarang sudah terhindar dari serangan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar